Kreativitas merupakan kunci
menghadapi segala kondisi, terutama pandemi Covid-19 seperti yang terjadi saat
ini. Untuk itulah, kreativitas yang merupakan modal yang dimiliki kaum
milenial, hendaknya dimunculkan dan dikembangkan untuk turut berkontribusi bagi
bangsa kaum milenial juga dikenal
sebagai generasi Y, adalah kelompok demografis yang diikuti X generasi dan
sebelumnya generasi Z. Peneliti dan media populer menandai awal 1980-an sebagai
awal kelahiran Milenial dan pertengahan 1990-an sampai awal 2000-an sebagai
akhir tahun kelahiran, dengan 1981 untuk 1996, dianggap sebagai Millenial.
Istilah millennials biasanya dianggap
berlaku untuk individu yang mencapai dewasa sekitar pergantian abad ke-21.
Generasi milenium hadir selama masa perubahan teknologi, globalisasi, dan
gangguan ekonomi. Mereka juga generasi pertama digital pribumi, dan afinitas
mereka untuk teknologi membantu mereka dalam hampir setiap aspek kehidupan.
Berbicara tentang karakteristik, generasi milenial dikenal sebagai pikiran
terbuka, gesit, setia kepada nilai, bergairah, cepat belajar, dan berorientasi
digital.
Mereka juga memiliki tiga karakter,
seperti terhubung, percaya diri, dan kreatif. Kreativitas mereka terlihat di
lingkungan kerja karena itu adalah bagian dari gairah mereka. Berdasarkan penelitian,
millenials kemungkinan besar bekerja dengan kebebasan untuk mengekspresikan
kreativitas mereka, bekerja dengan waktu yang fleksibel, dan juga bekerja
dengan tim.
Kali ini Smartfren meluncurkan
WOWLabs, sebuah wadah kokreasi untuk mengumpulkan generasi konten di Indonesia.
Melalui wadah ini Smartfren ingin memberikan dukungannya supaya generasi muda
di Indonesia agar dapat selalu berkreasi tanpa batas, mewujudkan ide – ide dan
karya mereka sehingga dapat mengubah wajah Indonesia. Saat ini melalui platform
tersebut, Smartfren telah menggandeng brand dan kreator lokal, yakni
Show the Monster, Hana Madness, Pijak Bumi, Stayhoops, dan Ahha Official Store untuk
bersama-sama membuka berbagai peluang berkreasi dan berkontribusi untuk
Indonesia yang lebih baik.
Melalui WOWLabs ini, Smartfren dan brand
serta kreator lokal tersebut akan bersama-sama kokreasi produk limited edition. Saat ini, produk yang
sudah tersedia adalah sepatu limited
edition buatan Pijak Bumi dan kaus kaki buatan Stayhoops yang keduanya
dibuat dengan desain karya Addy Debil.
Sebagian hasil penjualan produk limited edition tersebut akan digunakan memperkuat
pembangunan berbasis komunitas di seluruh wilayah operasional Smartfren. Salah
satunya dengan menyalurkan komputer dan sarana pendukung kegiatan ekonomi
kreatif serta pendidikan melalui Rumah Kreatif Smartfren. Saat ini Smartfren
Community memiliki 11 Rumah Kreatif yang antara lain berada di Natuna,
Tangerang, Cilegon, Bojonegoro, Surabaya, dan Cilacap.
Roberto Saputra, Chief
Brand Officer Smartfren mengatakan, “Lewat WOWLabs, kami ingin mewujudkan semangat kokreasi untuk
bersama-sama mengembangkan satu wadah yang berkontribusi mewujudkan Indonesia
yang lebih baik. Kami akan mulai dari membuat produk khusus yang hasil
penjualan seluruhnya didedikasikan untuk memberikan akses internet pada sekolah
dan siapapun yang membutuhkan. Harapannya, semangat kokreasi ini lebih dari
sekadar menginspirasi, tapi juga turut membuka peluang berusaha serta
mengembangkan diri untuk banyak orang. Smartfren WOWLabs merupakan sebuah
kanvas kokreasi dari, oleh dan untuk kita semua.”
Hana Madness dan Show the Monster
adalah kreator lokal yang fokus pada pengelolaan intellectual property (IP) berupa desain karakter. Ada kisah unik
di balik berbagai karakter yang dibuat oleh kedua kreator ini. Hana Madness,
bernama lengkap Hana Alfikih, membuat karyanya dengan inspirasi dari pergelutan
pribadinya dengan kesehatan mental. Sedangkan Show the Monster merupakan sebuah
tim yang dipimpin oleh Evan Aditya untuk mengembangkan IP berupa desain
karakter berbentuk macam-macam monster.
Sementara itu Ahha Official Store dan
Stayhoops merupakan brand lokal yang dikenal memproduksi berbagai produk
fashion. Ahha Official Store merupakan brand lokal milik kreator konten Atta
Halilintar, yang memproduksi berbagai produk fashion anak muda seperti outer
dan t-shirt. Sedangkan Stayhoops adalah brand lokal yang memproduksi
antara lain kaus kaki dan masker.
Sebelum meluncurkan WOWLabs, Smartfren
juga telah menjalin kemitraan dengan berbagai kreator muda Indonesia. Salah
satunya adalah Addy Debbil, seniman grafis yang hasil karyanya ditampilkan
dalam WOW Virtual Concert 2020 lalu. Selain itu desain karyanya juga disematkan
dalam kaus dan masker yang dijual melalui Ahha Official Store, untuk kemudian
hasilnya didonasikan melalui Benih Baik kepada masyarakat yang membutuhkan.
0 komentar:
Posting Komentar