Pages

Sabtu, 23 Januari 2016

Sepenggal kisah perjalanan Kelas Inspirasi Subang, Menggali Mimpi anak Bangsa

kotasubang.com



terkadang terbelesit di pikiran apa yang bisa saya lakukan untuk bisa membantu adik-adik usia sekolah dalam hal motivasi, bukan apa-apa sih, bahkan terkadang ada beberapa orang yang berkata 
"udah deh ngapain kita ngurusin hidup orang , hidup sendiri ajah di urusin mereka mah udah ada yang bakalan ngurusin kok "

meskipun terdengar datar yah tapi kok kaya nya saya kurang bisa nerima pendapat atas, iyah sih udah ada yang bakal urusin, tapi rasanya kurang berguna juga yah rasa nya pendidikan tinggi, dan sudah bekerja tapi kita ga peka dengan lingkungan sekitar kita ajah ga usah jauh-jauh dulu deh mau mikirin yang lebih luas, kalau sama lingkungan sekitar ajah kita tidak perhatian.


hal ini lah yang buat saya akhirnya ngubek-ngubek internet hahahaha..
mencari perkumpulan anak-anak muda yang aktif mengadakan kegiatan sosial, sebelumnya saya memang sudah berkecimpung di bidang sosial, karena pekerjaan saya di tempatkan  di daerah Cilawwu Garut, dimana saya sangat banyak belajar tentang hidup dan hal yang mungkin saya belum pernah saya dapatkan sebelumnya.

senang rasanya saya begabung di Kelas Inspirasi Subang, ada cerita menarik yang saya dapatkan dari pertama kali mendaftar hingga akhirnya saya mengikuti hari inspirasi.

awalnya dengan keisengan dan kekepoan tingkat dewa saya, saya mendaftar sebagai relawan mengajar di kelas inspirasi, berharap pada hari inspirasi saya dapat ikut serta, nah sampai suatu ketika saya mengajak teman saya untuk ikutan bareng kelas inspirasi subang, berharap kami bisa berangkat bareng dari Garut ke Subang.


beberapa minggu kemudian, teman saya Yani yang saya ajakin buat ikutan di  kelas inspirasi Subang mendapatkan Email dari KI Subang, sedangkan saya boro-boro dapet di Hub ajah engga.
berharap kepastian saya pun menghubungi salah satu panitia yang saya dapatkan kontak Person nya dari salah satu situs internet kelas inspirasi.

dengan kekepoan tingkat tinggi saya coba menghubungi terus, tapi yah mungkin saya rasa panitia sedang sibuk mempersiapkan dan mungkin juga ada kegiatan yang memang sibuk, saya pun menyerah, mencoba untuk menerima bahwa ya udah yang keterima temen saya yang waktu itu saya ajakin meskiupun dengan penuh tanya yah kreterianya apain sih, maklum bawaan orok hahahaha..


akhirnya  hari breifing pun tiba saat itu saya berniat mengantarkan teman saya yani untuk mengikuti breifing di Sekretariat Alumni IPB di Subang, kebetulam perjalanan yang cukup panjang saya mulai Hari Minggu pukul 3 pagi kami sudah bersiap untuk pergi ke stasiun bertolak ke Kota  Bandung, sesampainya di  stasiun Bandung ternyata Transpotasi yang menuju Subang ada tepat di depan Stasiun Bandung, saat itu saya lumayan Surpraise sekali karena tidak perlu pusing lagi mencari transpot menuju Subang karena kebetulan saya dan Yani sebangsa orang yang emang punya kenekatan yang tingkat dewa hahahaha...


nah sepanjang perjalanan saya menuju Subang, saya juga memndapatkan pemandangan yang lumayan surpraise dan sangat menarik, maklum yah kami anak rantau yang emang suka heboh kalau melihat hal baru, perjalanan yang menyenagkan menuju Subang melihat pemandangan hamparan kebun teh yang menyejukkan mata, mungkin kalo lagi mumet lewat ini bakalan ilang kali yah mumet nya hahahaha ini adalah pengalaman yang sangat menyenangkan.

nah ternyata sepagi- pagi nya kami berangkat dari Garut,  kami membutuhkan waktu yang lumayan panjang juga untuk mencapai meetimg point. kebayang dong yah kita berangkat dari Garut jam 4 pagi tiba di Subang jam 11 siang hahaha..

sesampainya di meeting point dengan keadaan yang agak lelah eah... 
akhirnya saya bilang sama yani  "ya udah kan udah nyampe yah, masuk gih biar gue tunggu disini ajah" dasar emang yani nya  juga anaknya ga enakan yah akhirnya dia pun mengjak saya juga ikutan nimbrung pada breifing hari itu, nah kebetulan pertemuan sudah hampir selesai dan kita pun baru datang akhirnya saya pun memperkenal diri sebagai teman yani yang kebetulan ga lulus KI, padahal saya yang ajak hahahaha.. kalau inget-inget lagi jadi malu sendiri dasar ajah saya nya emang kaya gini.


nah pada saat breifing hari itu saya pun dinyatakan lulus sebagai Relawan Kelas Inspirasi, rasa ga percaya yah, diterimanya last minute banget, tapi ga papa lah di syukuri ajah, 

setelah banyak mengetahui informasi tentang kelas inspirasi dan juga ada beberapa masukan dan juga ide selama seminggu untuk persiapan hari inspirasi pada hari Sabtu tanggal 23 Januari 2015


DAN....



hari inspirasi  yang di tunggu pun tiba..



hari yang di tunggu pun tiba saya sudah mempersiapkan hari ini dengan penuh semangat yah, kami sudah muali betolak ke Subang tapi sebelum berangkat ke Subang saya menemui orang tua saya dulu di Jakarta dengan harapan saya akan tiba di Subang sore hari dan ternyata perkiraaan saya salah, saya tiba di Subang jam 21.30 malam itu pun masih di kawasan Pemanukan bukan di kota Subangnya. Dengan perasaan yang campur aduk, akhirnya saya memutuskan berkomunikasi dengan panitia kelas Inspirasi Subang. Dengan harapan mendapatkan masukan dan jalan keluar .

dan saya pun sangat surpraise kembali dengan respon yang luar biasa cepat dari panitia KI Subang, setelah diskusi akhirnya saya menemukan tempat menginap, sangat surprise sekali dengan sambutan yang luar biasa dari pemilik rumah orang tua dari “Teh Dwik” di hari inspirasi saya dan Yani beragkat dari Pemanukan menuju kota Subang dini hari dan lagi-lagi perjalanan kami ini di luar perkiraan ternyata kami sampai di base camp jam 07.00 pagi hanya beda beberapa menit dari tim yang sudah berjalan ke lokasi Kelas Inspirasi, akhirnya kami pun naik angkutan umum kembali dengan harapan dapat mengejar ketertinggalan kami.


Sesampainya kami di daerah Kali Jati tempat meeting point saya kira kita sudah sampai ternyata kita menunggu pihak panitia yang menjemput dari dan menuju lokasi kurang lebih perjalanan 30 menit dari Pasar Kalijati.


Perjalanan yang begitu menyenangkan terjawab dengan lokasi KI yang begitu luar biasa, tepat sasaran sesampai nya saya di lokasi KI di SD Suka Mulya Subang, saya melihat pemandangan yang begitu menyejukkan mata, pemandangan yang begitu asri, SD Sukamulya sendiri terletak sdi tempat yang begitu strategis saya rasa tepat di depan sekolah terdapat Pemakaman Umum, dan yang paling membuat saya begitu bahagia melihat antusias anak-anak yang begitu luar biasa dengan kondisi sekolah yang lumayan memerlukan perhatian juga yah, dengan kondisi ruangan kelas yang satu dengan yang lainnya tembok pembatasnya ada yang sudah lepas jadi ini saya rasa mengganggu sekali untuk proses belajar mengajar.


Mungkin bisa dibayangkan ketika saya memperkenalkan diri  sedangkan di kelas sebelah sedang riuh anak-anak, ini tidak hanya mengganggu konsentrasi pengajar tapi yang pasti konsentrasi anak-anak untuk  belajar juga terganggu. Kebetulan saya mengajar anak di kelas 3 yang jumlah siswa nya tidak lebih dari 20 orang sangat miris tapi saya bangga karena semangat anak-anak untuk belajar masih lumayan tinggi, walaupin dengan keadaan yang sangat sederhana sekali.


Acara kelas inspirasi di hari inspirasi begitu luar biasa seru karena selain anak-anak di perkenalkan dengan berbagai macam profesi, mereka juga di gali mimpi dan cita-citanya, sangat senang rasanya bisa belajar banyak hal dari mereka, kepolosan mereka menjawab pertanyaan dari para relawan, semangat mereka untuk belajar merupakan energi baru bagi saya, dan saya yakin mereka juga mendapatkan energy baru dari teman-teman relawan. 



SD Sukamulya merupakan almamater dari salah satu kk panitia KI Subang, yang kebetulan SD tersebut hanya memiliki 2 orang Guru PNS yang memang sangat membutuhkan perhatian selain saya mengajar di kelas 6 yang membuat saya sedikit tertegun pada saat saya masuk ke kelas 5 yang hanya memiliki murid 4 orang sebenarnya 5 orang yah tapi ijin 1 orang walaupun dengan kondisi yang sangat minim tidak menurunkan semangat belajar dari anak kelas 5 begitu saya mencoba memperkenalkan diri dan juga mengajak mereka bermain mereka sangat antusias sekali.
Dan akhirnya Hari Inspirasi kelas inspirasi Subang ini ditutup dengan penulisan impian mereka di pohon impian dan juga flashmob yang begitu luar biasa seru.


Pengalaman yang yang begitu luar biasa menarik untuk saya, pengalaman yang mengajarkan semangat berbagi dan menginspirasi sekali bagi saya, semoga kelas inspirasi kedepannya semakin banyak menginspirasi untuk anak-anak usia sekolah yang memang perlu sekali dukungan dan motivasi dari kita para relawan. Kelas Inspirasi





2 komentar: