Pages

Bahagia bersama The Panda

Kebahagiaan kami selalu ada bersama dan tak akan pernah tergantikan.

Ngopi Dan Kumpul Bareng The Panda

Jalan-jalan dan makan seru adalah hobi ala kita, ini edisi Jawara Cafe.

Naik Taksi Ala The Panda Padedet

Hanya The Panda yang bisa kaya gini naik taksi aja full kursi.

The Panda Main ke Kota

Keseruan acara GIIAS 2015 .

Menimati hangat dan segarnya Up Green Tea

Hangatnya Up Green Tea menebarkan pesona indah.

Jumat, 29 November 2019

Pentingnya Sadar Hukum Anti Hoax dan juga Anti Narkoba pada Masyarakat Khususnya Kaum Millenial



Akhir-akhir ini dunia maya banyak dimunculkan informasi dan berita palsu atau lebih dikenal dengan istilah “hoax” oleh sejumlah oknum yang tidak bertanggungjawab

Media sosial semestinya dimanfaatkan untuk bersosialisasi dan berinteraksi dengan menyebarkan konten-konten positif. Sayangnya, beberapa pihak memanfaatkannya untuk menyebarkan informasi yang mengandung konten negatif. Jika hal tersebut dibiarkan, dikhawatirkan akan membahayakan generasi muda.
Di jaman serba canggih, pelbagai informasi dapat dengan mudah diakses. Kondisi tersebut justru dimanfaatkan oleh oknum tertentu untuk menyebar berita bohong alias hoax.


hari ini Kamis, 28 November 2019, saya berkesempatan mengikuti Forum Cerdas Hukum, Membangun Masyarakat Sadar Hukum Anti Hoax dan Juga Narkoba di Universitas Warmadewa, Acara dikemas Sedemikian Menarik Sebelum acara dimulai peserta di hibur beberapa buah lagu yg membuat para peseta Forum terbawa suasana pastinya. dan acara ini di selenggarakan oleh Direktorat Jenderal Informasi dan Komunikasi Publik (DJIKP) dengan BNN lalu apa hubungan Kominfo dengan Narkotika ???

dan ternyata, Narkotika itu sangat dekat sekali hubungannya dengan Dunia Maya, acara diawali dengan pembahasan Narkotika yang disampaikan langsung oleh Kepala BNN Provinsi Bali Brigjen Pol Drs I Putu Gede Suastawa, SH

kenapa Kominfo menggaet BNN daam Kegiatan kali ini, karena jaringan Narkotika di Indonesia berkembang Pesat lewat Internet  terutama via aplikasi chat diantara Whatsapp dan juga aplikasi Chat lainnya dan semakin banyak akses sosial media yang kita miliki smakin kita harus kita proteksi, dan ini yang paling menggeitik yang secara ga sadar sedang kita lakukan, dengan modal secangkir kopi di kedai kopi favorit, kita sudah bisa berseancar ria di sosial media bahkan bisa menghabiskan waktu berjam - jam, nah ini ha cukup mengcengangkan juga yah karena selain dirumah sebagai tempat terbanyak aktivitas internet di akses dan terbanyak kedua adaah tempat makan dan juga minuman yang menyediakan wifi

apalagi  indonesia merupakan  penguna internet dan sosia media  terbanyak  dan banyak orang lebih sering menghabiskan waktunya dengan gadget ntah itu untuk bersosial media atau bermain games.

kembali lagi menarik garis merah peran penting internet dengan peredaran narkoba, dulu peran Anjing Peacak sangat tinggi untuk mengendus peredaran dan jaringan  Narkoba, jaman sekarang jaringan ini sudah lebih banyak menggunakan internet dan juga sosial media, dimana transaksi menggunakan media internet tidak bisa dilacak anjing pelacak dan agak suit terlacak



tapi jangan sedih yang gaes,, BNN sudah punya alat yang canggih untuk melacak peredaran narkoba di internet

btw,  ada yang tau Kratom ?? 

yes, kratom adaah sejenis tumbuhan yang banyak terdapat di Kalimantan Barat, sama seperti Ganja di Aceh, kratom Jenis Narkoba Baru, d dan kabar nya Kratom ini punya efek 13 kali lebih tinggi daripada morphin, awalnya kratom dilarang oleh BPPOM namun tahun ini BNN sudah memasukkan daun Kratom ke dalam kategori Golongan Kelas 1. jadi sesuai peraturan BPPOM ditambah keputusan BNN, segaa jenis olahan Kratom baik dalam bentuk bubuk dan lainnya tidak boleh dijadikan extrak makanan serta obat tradisional, selain Kratom, tumbuhan yang juga tergolong narkoba kelas 1 antara lain Ganja, Tembakau Gorila hingga Magic Mushroom.


dan di Bali sendiri, Fenomena yang terjadi saat ini adalah ternyata para Kurir Narkoba Motifnya Bukan hanya Uang,  tapi lebih karena mereka juga pengguna narkoba, bahkan hidup mereka berkecukupan kalau dulu kurir narkoba tergiur oleh uang, yang akan didapat dari masuk jaringan pengedar narkoba, dan saat ini motifnya untuk bisa mencicipi gratis narkoba, dan hal yang paing mencengangkan ternyata berdasarkan penyidikan BNN, kebayakan anak muda berkecukupan yang jadi kurir narkoba ini mengenal bisnis narkoba dari Instagram.
 dan pengedar narkoba mencari mangsa orang - orang kaya, serta Mahasiswa yang jauh dari pengawasan orang tua sangat rentan terkena Narkoba

 Kepala BNN Provinsi Bali Brigjen Pol Drs I Putu Gede Suastawa, SH menutup pemaparannya dengan memperkenalkan program Desa Bersinar  (Desa  Bersih Narkoba) dimana saat ini sudah ada di 102 desa di Bali yang menjadi Desa Bersinar


So... gaes hubugan yang sangat erat sekali yah antara Narkoba dan juga Internet bagaimana jaringan narkoba beredar lewat jaringan Internet, BNN dan juga Kominfo bekerjasama untuk memberantas knten negatif jenis baru yaitu bisnis Narkotika


Pencegahan peredaran narkoba dimana BNN bekerjasama dengan Kominfo Berupa Nota Kesepahaman, Sosialisasi, Monitoring Evaluasi, Penigkatan SDM TIK, keandalan Infrastruktur TIK, Mengoperasikan Mesin AIS untuk menangkal konten Negatif Terutama Narkoba
wah semakin siang perbincangan semakin seru sekali dengan beberapa yang diajukan para peserta forum tentunya dengan aksi kocak berbagi pantun 


kali ini Pembicara selanjutnya yang tidak kalah serunya Bapak Bambang Gunawan selaku Direktur Infornasi dan Komunikasi Politik, Hukum, dan Keamanan, dimana Bapak Bambang memaparkan beberapa hal dan Fakta yang terkait minat baca orang Indonesia, dimana saat ini berada di peringkat ke 60 dunia untuk minat baca artinya minat membaca orang Indonesia sangat rendah, lebih rendah dari satu negara tak terkenal di Afrika, dan Urutan ke 60 ini menurut penelitian, secara umum orang Indonesia hanya bertahan membaca 27 Halaman Bukudaam waktu Setahun dan membaca koran hanya bertahan 12 - 15 Menit, hasil yang mencengangkan bukan dan membuktikan kebanyakan sosial media di Indonesia lebih banyak yang belum tuntas membaca sebuah informasi berita udah main Share dan di Viralkan , wah bahaya juga iyah, yuk lebih Bijak lagi bersosial media Saring Sebelum Sharing



ini mungkin juga menjadi ha yang mencengangkan yah, ternyata Fenomena saat ini orang Indonesia hanya bisa bertahan hidup hanya 7 menit tanpa Internet dan ha yang paling mencengangkan adalah "BUDAK LIKE"  generasi yang sangat peduli dan bergantung pada jumah like terhadap postingannya di sosial media 



So lebih hati- hati dan bijak daam penggunaan internet gaes karena Bagi Penyebar Hoax dapat terkena UU ITE, jangan sembarangan menuis Status karena jejak digital dapat di hapus tapi tidak bisa dihilangkan

Sabtu, 16 November 2019

Bukan Pengusaha Biasa, Sisternet mengajak Sister Bali Bangun Usaha Dengan Cerdas

   



Weekend ceria, emang waktu yng pas yang buat ngilmu dulu. Biasa nya weekend paling enak kumpul keluarga, atau menghabiskan waktu berlibur iyah gengs. Kali ini Sabtu 16 November saya dan Para Sister di Bali akan mendapatkan suatu kesempatan  yang luar biasa yang pastinya akan dibagikan oleh Para Pembicara yang sangat luar biasa,  dimana kali ini saya berkesempatan untuk bisa bergabung, di kelas literasi digital Sister UKM Go Online.
dimana kelas ini, yang merupakan Program Sisternet, besutan PT XL Axiata Tbk Berkaborasi dengan Bloggercrony Community  (BCC).



wah bukan nya ini udah biasa ajah yah, mengikuti kelas Literasi,  wah sangat sedih Sist, berkat ilmu yang dibagikan di Kelas ini lah saya jadi paham dan sempat bergumam sendiri iyah .... yah bener juga, ternyata selama ini saya salah hihiihi... 


Materi yang diberikan pun sangat memberikan Positif Vibe banget ke saya, usaha ada tapi kok stag di situ ajah, dan ternyata jawabannya ada di hari ini, perseta yang terdiri dari para pengusaha UMKM dan Blogger ini diadakan di Ruang Pertemuan Balai Diklat Industri Bali, dimana acara di mulai dari jam 10 pagi sampai dengan jam 1 siang 




XL Axiata juga menyediakan Modul Pintar Sisternet yang berisikan informasi, edukasi dalam bentuk konten video untuk Perempuan Indonesia. Modul Pintar Sisternet memang dibuat sesuai dengan kebutuhan perempuan. Pengemasannya yang singkat dan padat informasi serta dapat diakses dimanapun dan kapanpun melalui gadget, membuat Modul Pintar mudah dijadikan pendamping belajar bagi Perempuan Indonesia. Kategori Modul Pintar yang bisa diakses antara lain: Ibu dan Anak, Literasi Digital, Entrepreneurship dan lainnya. Keseluruhan informasi tersebut dapat diakses melalui https://www.sisternet.co.id/modulpintar. Selain media Modul Pintar tentunya kelas tatap muka juga harus tetap dilakukan untuk mendukung pembelajaran lebih dalam. dan juga ini dipastikan bisa sangat membantu kegiatan kita sehari- hari juga yah sist.










Menurut mba Adelia Panjaitan dari Sisternet - XL Axiata Berdasarkan data terbaru yang dirilis oleh APJII pada 2018, memperlihatkan bahwa tingkat penetrasi pengguna Internet di Indonesia, mengalami peningkatan mencapai 171,17 juta jiwa atau 64,8%, dari total populasi. dan diperkirakan masih terjadi peningkatan yang signifikan pada tahun. selanjutnya melihat massifnya pertumbuhan teknologi saat ini, Penetrasi internet di kawasan urban dan rural pun terus mengalami pertumbuhan yang relatif seimbang. Sementara itu, masih dari data yang sama menunjukkan bahwa penetrasi internet di kalangan Ibu Rumah Tangga (IRT) di Indonesia baru mencapai 48,2%. Kondisi ini menjadi tantangan bagi XL Axiata untuk terus menghadirkan solusi kepada seluruh perempuan khususnya Ibu di Indonesia agar mampu adaptif dalam mengaplikasikan perkembangan teknologi digital saat ini ke dalam kehidupan sehari-hari. sama hal nya dengan saya sista dilluar sana pun suka banget yah cek harga barang secara online


 nah dari pada dipake buat stalking sosial media berjam - jam sampe lupa waktu, mba Adelia dari Sisternet mengatakan bahwa bisa banget dengan modal Pulsa 100 Ribu Bisa menghasikan Hingga Jutaan Rupiah, wah penasaran dong iyah gimana caranya ???




Yes.. Jawabanya di paparkan dengan pakarnya Sist Tyas Windarti yang Merupakan Ceo dari Bayi Banget Hijab, sist Tyas memaparkan Bahwa Kalo ingin jadi pengusaha jangan setengah-setengah jangan di jadikan sampingan, jadi usaha itu memang harus diseriusin, ditekuni dalam paparanya Sist Tyas lebih banyak mengajak peserta kelas untuk berinteraksi dimana banyak sekali kenyataan yang ternyata selama ini salah di artikan oleh para pengusaha. diantaranya mengenai "saya kan usaha yah, Travelling sering banget tapi kok usaha saya segini-segini ajah" dan ini yang menjadi masalah disetiap pengusaha yang kadar tertipu dengan laba kotor dimana baru liat Tabungan Banyak uang, dikiranya itu keuntungan ajah, atau mungkin ada yang terlalu banyak Brand yang di pegang bisa jadi itu menjadi sumber masalah dari pengusaha tersebut, bukan berarti memegang banyak brand itu ga bagus jelas Sist Tyas tapi fokus dengan satu Produk dan dengan income yang tinggi itu pasti lebih bagus kan papar Sist Tyas
Saya sendiri sangat tertarik dengan pembahasan dari Sist Tyas yang makin siang semakin hangat iyah, ternyata para owner juga wajib digajih, loh.. bukan nya kita sudah berpenghasilan dari hasil usaha kita, dan ternyata itu salah sista...
Dari hasil keuntungan itu lah gaji owner dapat di tentukan, dan ternyata ini jadi bagian yang sangat menarik saat diskusi dan ternyata apabila kita berpatner dengan pasangan atau saudara kita juga harus secara Profesional menjelaskan mengenai pembagian tugas dan gaji dan juga wewenang yang jelas walaupun itu dengan pasangan atau saudara sendiri jelas Sist Tyas Windarti

dan ga cuman pembagian wewenang dan gaji yang harus jelas tapi juga pembagian atau pengeposan Buku Tabungan Usaha juga harus jelas mana yang untuk bisnis dan Pribadi harus jelas dan juga pembukuan yang jelas, wah semakin menarik saja pembahasan materi Financial Planning untuk UKM, materi yang sangat komplit dan juga maha tentunya.
Bahkan Sis Tyas juga tidak segan untuk membantu memperhitungkan atau membaca kondisi dari usaha peserta 
ga sampai disini saja sist, kelas yang smakin seru ini dianjutkan dengan pembahasan Produk dari XL - Axiata dimana XL Business mengeluarkan kartu cerdas dimana harga hemat dengan kuota yang mantap Biz Card dari XL sangat cocok untuk komunikasi Bisnis Tanpa Batas dan ga cuman itu penguna dari Bis card ini juga nantinya akan di rangkul dengan XL wah keren sekali iyah, inii lah jawaban  yang pas untuk UKM Go Online











Senin, 21 Oktober 2019

Cintya Nirmala Gadis Bali Multi Talenta, wakili Bali di ajang Miss Global 2019





Dok. Pribadi






Ni Luh Cintya Nirmala, Gadis Cantik Asal Banjar Penusuan Desa Tegallalang Kabupaten Gianyar ini, Merupakan Perwakilan Miss Global Bali. Cintya Terpilih mewakilli Bali di ajang Miss Global Indonesia. dimana Ajang kontes Miss Global Bali 2019 dimenangkan Luh Sintya Nirmala, dan selanjutnya mewakili Bali ke ajang kontes Miss Global Indonesia yang akan diselenggarakan di Solo, Jawa Tengah 14-18 November 2019.



Sabtu, 20 Oktober 2019, dijadikan sebagai malam penyematan mahkota atau crowning Miss Global Bali yang dibuka dengan sambutan dari bapak Edi Sunyoto sebagai Asosiasi Travel Indonesia (ASITA), yang merupakan salah satu anggota stakeholder Gabungan Industri Pariwisata alias GIPI.

Regional Director Miss Global, Irfan Utamin di Kuta, mengatakan ajang tersebut baru pertama kali diselenggarakan di Indonesia. Untuk itu masing-masing daerah melakukan pemilihan atau penobatan yang akan mewakili masing-masing provinsi.



"Kontes Miss Global secara nasional yang diikuti perwakilan 34 provinsi akan diselenggarakan di Kota Solo pada bulan November mendatang," ujar Irfan didampingi dari perwakilan Asita, Dinas Pariwisata Bali dan tokoh Puri Blahbatuh Gianyar.

Irfan lebih lanjut mengatakan pemenang dari kontes tersebut di Kota Solo, selanjutnya akan mewakili Indonesia ke tingkat internasional dalam kontes Miss Global digelar di Meksiko akhir bulan November 2019.

Menurut dia, ajang tersebut salah satu kegiatan untuk mempromosikan seni budaya dan pariwisata di masing-masing daerah serta di masing-masing negara peserta kontes.

"Mereka yang menyandang Miss Global nantinya mempunyai tanggung jawab mempromosikan kebudayaan dan sektor pariwisata, sehingga di masing-masing daerah akan lebih dikenal potensi seni budaya dan pariwisatanya," ujar Irfan menegaskan.

Menurut wanita kelahiran tahun 1998 di Tegalalang, Kabupaten Gianyar, bahwa Miss Global ini sangat penting diselenggarakan dalam upaya mempromosikan kebudayaan di masing-masing daerah. Sebab Indonesia sangat kaya dengan beragam seni dan kebudayaan.

"Bagi saya sangat penting ada ajang semacam ini dalam upaya mempromosikan kebudayaan di Tanah Air. Apalagi Pulau Dewata yang menjadi destinasi wisata mancanegara. Keberadaan seni dan budaya harus dilestarikan dan dipromosikan kepada wisatawan," 


Mahasiswi aktif semester VII Sastra Inggris dari Universitas Udayana ini, dan sangat aktif di berbagai organisasi ini, sebelumnya juga pernah terpilih sebagai juara 3 Putri  Citra tahun lalu. Kemenangan tersebut merupakan satu kebanggaan baginya dan juga bagi pulau Bali tentunya. Selain aktif melestarikan budaya Bali, terutama dalam bidang tari tradisional, Cintya juga mengikuti beberapa sanggar untuk memperkenalkan budaya Bali tidak  hanya kepada masyarakat lokal juga kepada turis asing.






 bagi nya Seni dan budaya sudah menjadi bagian dari kesehariannya tak hanya sibuk dengan organisasi Cintya juga sangat sering mengikuti ajang Perlombaan berbagai Bahasa diantara Bahasa Jepang dan Bahasa Inggris. dan berbagai Ajang lainnya

untuk persiapan di ajang Miss Global Indonesia, Selain persiapan kostum dengans alah satu designer di Bali yang menunjukkan Ciri Khas dari Bali, Cintya ternyata juga sudah membekali dirinya dengan literasi-literasi berkaitan dengan heritage dan juga puri di Bali. Kenapa demikian? Seperti kata Pak Irvan, kalau selama ini Bali terkenal dengan wisata pantainya, alamnya kini kita ingin mengenalkan kepada dunia tentang heritage, puri dan budaya Bali yang menjadi kekuatan magis Bali sebenarnya. Karena, jika mengandalkan alam saja maka kita harus bersaing ketat dengan Malaysia, Thailand dan beberapa negara lain yang juga memiliki keindahan alam.




Setelah Malam Penganugrahan atau Malam Penyematan Mahkota Miss Global Bali 2019, acara dilanjutkan dengan Fire dance dimana tarian yang begitu mempesona mampu membius penonton. dan tak hanya menari tapi setelah tarian usai, penonton di beri kesempatan untuk berswafoto bersama para penari dan Puncak Acara Cintya pun menarikan Sebuah Tarian yang akan Cintya Bawakan Juga Pada Malam Puncak Pemilihan Miss Global 2019.





Rabu, 07 Agustus 2019

yuk cek lomba seru 17 Agustus







Udah masuk bulan Agustus dimana 17 Agustus itu merupakan hari dimana Indonesia merayakan hari kemerdekaan dan Yang pastinya kalau 17 Agustus udah identik banget sama yang namanya lomba-lomba

Dan biasanya banyak banget lomba-lomba yang diadakan di kampung-kampung atau di perumahan apa bisa jadi diadakan di satu desa kalau di Bali mungkin di Banjar Banjar ya

Nah terkadang panitia 17-an itu apalagi yang megang acara ya udah pasti cari ide banget untuk mencari kira-kira ide terbaru Apa sih yang bakal dibuat atau lomba-lomba terbaru yang terunik yang mungkin bisa membuat perayaan 17 Agustus bisa menjadi lebih seru dan ramai. 

Dan terkadang orang juga Mulai merasa jenuh atau bosan karena 17agustus nya lomba-ombanya gitu-gitu aja yang kayak nggak ada yang menarik, seperti itu ya apa lagi kaum milenial sekarang tuh udah paham banget bahwa perayaan itu kayaknya harus dibuat lebih seru lebih rame dengan yang pastinya ide-ide lomba yang lebih menarik lagi

Dan kali ini saya ada beberapa ide lomba yang bisa dijadikan referensi untuk perayaan 17 Agustus

Yang pertama

Ini mungkin bisa jadi satu ide yang menarik ya kalau lomba balap karung biasanya udah tinggal karung aja tuh, nah kali ini ini seru banget guys jadi lomba lomba balap karung pakai helm lucu banget ya jadi permainan ini sempat viral di sebuah video yang diunggah di Instagram beberapa tahun lalu dan isinya ya sekumpulan anak-anak SD berseragam yang masuk ke dalam karung bekas sebelum kepalanya ditutup oleh helm yang kebesaran wah ini bisa jadi satu hal yang menarik ya

Yang kedua

Nah kalau yang kedua ini Kalau menurut aku sih ini itu Nggak cuman di ikutin sama anak muda aja ya atau yang happy-happy cuma anak muda aja Kalo ini sih bisa di ikutin sama yang tua-tua juga, ups dewasa ya maksudnya Ya jadi ide lomba saling make up dengan mata tertutup ini bisa jadi salah satu,ide  yang membuat peserta lebih riuh lagi karena kebayang dong ya dengan mata tertutup saling make up Wow hasilnya Akhirnya giman, ini bisa menarik untuk lomba 17 Agustus

Selanjutnya ini mungkin ide yang bisa diikuti oleh banyak orang jadi sepak bola pakai daster , sepak bola mini mungkin ya ini bisa diikutin bisa diikuti oleh banyak peserta, bisa jadi ini,  salah satu referensi lomba mungkin pesertanya antar Gang Wow seru ya.

Lomba-lomba anti mainstream lainnya mungkin bakal aku tulis di blog aku yang selanjutnya kali ya mungkin kalau kalian ada kasih kasih ide atau punya ide seru yang ini Kayaknya seru, kamu bisa komen aja ya langsung diblog aku, jadi ada ide yg lain mungkin, terbaru, dan seru  langsung aja ditulis di comment, jangan lupa tinggalin jejak yah, dan terima kasih sudah membaca blog aku

Selasa, 06 Agustus 2019

5 tips cara menghadapi rekan kerja yang baru putus dengan rekan kerja sekantor










Ketika rasa mengalahkan profesionalitas kerja


Pernah gak sih kadang rasanya gondok banget, ketika Rekan kerjaa kita muai tidak profesional bekerjanya,  dikarenakan hubungannya dengan rekan kerja lainnya itu tidak baik  yes mereka baru putus dan terkadang sulit banget ya melihat keadaan seperti itu,  saling diam bahkan untuk urusan pekerjaan pun ogah ogahan, gah negor,  ngomong,  chat dan itu sangat sangat merugikan banyak pihak sebenarnya

Mungkin dulu, ketika  pacaran kerjanya saling support,  saling bantu ya tapi setelah selesai udahan makin jad,  makin makin sulit untuk komunikasi pastinya ya,  dan kali ini mungkin ada beberapa cara kita menghadapi rekan kerja yang seperti itu


Yuk dipantengin dulu, mungkin gak diantara kalian tuh ada yang pernah merasa, bahwa dulu kayaknya mereka kmpak banget ya kerjaannya,  support saling bantu enak diajak kerjasama terus tiba-tiba udahan, dan komunikasinya pun jadi nggak berjalan baik karena harus menggunakan perantara antara gengsi dan mungkin masih merasa kecewa kali ya dan kebawa dong kerjaan,  nggak mau kan jadi korbannya, :D


Bukan apa sih belakangan mungkin banyak banget  ada beberapa perusahaan yang memang melarang karyawannya untuk menjalin hubungan, tapi yang namanya perasaan enggak bisa dipungkiri dong ya Dan mungkin ini membuat perusahaan membuat aturan untuk melarang  adanya hubungan spesial Antar karyawan  Mungkin ini yang ditakuti oleh pimpinan perusahaan, yang pastinya jadi tidak adanya profesionalitas kerja saat mereka marahan berantem bahkan putus,  jadi komunikasinya nggak jalan deh 

Yuk daripada berpanjang lebar lagi kita cek dulu nih satu-satu,  kira-kira Apa sih yang bisa kita lakukan ketika kita melihat atau punya teman kerja yang seperti itu

Nah bisa jadi ini adalah salah satu indikasi kalau rekan kerja kalian itu baperan ya dan kali ini ada beberapa solusi cerdik untuk mengatasi rekan kerja yang baperan agar suasana Kantor itu menjadi lebih menyenangkan

Nah ini cocok banget ya, apalagi jika kamu punya teman kerja yang sensitif dan  Baperan kamu harus tahu cara cerdas menghadapinya




 langsung aja Check it Out

Yang pertama 
Oke yang pertama mungkin kita harus menjadi pendengar yang baik untuk mereka berdua jadi seenggaknya Kita paham posisi kita dan ga kepo banget ya jadi cukup tau aja dan menurut aku paling ampuh ketika kita udah tahu ternyata problemnya mereka di situ, jadi disitulah saatnya kita untuk berikan masukan bukan menggurui juga ya, Jadi kita juga bisa bilang kok udah deh urusan kerjaan ya kerjaan pribadi di sampingin dulu karena efeknya luar biasa banget buat orang-orang sekitarnya.

Yang kedua
Wajar sih yang namanya baru putus mungkin masih galau galau manja dan masih ogah-ogahan ya untuk ketemu di kantor Tapi kita harus belajar untuk memberikan semangat baru untuk rekan kerja tersebut, berikan semangat baru bahwa udah deh hidupnya ga sampai sini aja, jadi masih banyak hal yang harus dikerjain harus banyak tanggung jawab yang harus dikerjain, jadi saatnya menjadi pengingat yang baik untuk rekan kerja tersebut. 

Yang ketiga
Jadi kalau misalnya masih belum move on juga bawaannya masih galau juga dan  komunikasinya nggak jelas juga ya udah Berikan dia ruang dan waktu, jadi Berikan dia solusi dan berikan dia saran udah deh cuti dulu 2 hari buat nenangin diri buat berlibur buat kemana gitu ya Jadi mungkin ini bisa menjadi sesuatu efek yang luar biasa untuk orang tersebut dan pada saat selesai liburan dia akan menemukan semangat yang baru lagi

Yang keempat
Kalau dia masih belum move on ya udah berarti emang bawaannya dia seperti itu ya guys jadi jangan sedih sebisa mungkin kita bisa mengerti keadaannya dan cepat move on



Yang kelima
Jadi intinya mempunyai rekan kerja yang baru putus dan belum bisa move on itu bisa jadi plus minus walaupun kebanyakan minus nya ya karena pekerjaan yang tadinya simpel jadi ribet karena tidak adanya komunikasi yang baik pasangan tersebut X pasangan maksudnya. Dan sekali lagi ya tugas kita disini hanya memberikan masukan hanya memberikan motivasi jadi jangan terkesan menggurui dan juga terlalu dalam ikut campur itu bisa susah untuk diri sendiri guys.

So beberapa cara supaya kita bisa lebih Tegar dan semangat untuk menghadapi rekan kerja kita yang baru putus dengan rekan kerja kita yang lain, buat kalian yang mungkin punya Perasaan terpendam sama dengan Rekan kerja mungkin bisa dipikirkan ya,  mungkin bisa dipikirkan efek kedepannya kira-kira kalau putus itu komunikasinya gimana Terus Apakah pekerjaan  bisa terselesaikan dengan baik
  
Nah ini bisa menjadi salah satu acuan ya, buat  kalian yang mungkin ada perasaan atau mungkin ada rasa dengan Rekan  kerja itu kayaknya mesti pikir-pikir dulu,  bukan mengesampingkan rasa, tapi kita juga harus berfikir kedepan nya ketika jelek kata kita putus ditengah jalan hubungan kita Apakah pekerjaan kita apalagi satu tim ya bisa berjalan dengan baik atau malah bisa menghancurkan kinerja kita di tim , nah itu yang harus dipikirin jadi nggak ada salahnya punya rasanya rekan kerja di kantor tapi berpikir dulu kedepannya Apakah hubungan ini akan baik-baik saja mudah-mudahan ini bisa menjadi salah satu cara yah buat kalian yang punya rekan kerja baru putus mudah-mudahan cara-cara yang saya berikan ini bisa menjadi masukan bisa menjadi ide baru buat kalian ya

Nah kalau udah kepakai caranya atau mungkin punya ide baru kalian bisa langsung aja komen di blog, Ini kira-kira hasilnya Gimana Dan kalau misalnya ada ide baru bisa dong share juga ke aku.. 

Semoga tulisan saya bermanfaat buat kalian semua have a nice day

Hempas Manja Penyakit Hepatitis, Yuk Sayangi diri kita




dok. Pribadi


Mencegah lebih baik daripada mengobati pepatah yang luar biasa banget ya yang mungkin sudah sering sekali didengar, dan dalam kesempatan kali ini acara temu blogger Bali Kemenkes RI 2019 sangat bersemangat sekali mengenalkan masalah hepatitis terlebih dahulu kepada blogger dan juga mahasiswa agar memahami penyakit hepatitis

Kurang lebih 100 peserta yang terdiri dari para blogger netizen dan mahasiswa Poltekkes di Bali menghadiri paparan para ahli kesehatan, blogger dan mahasiswa yang masih awam tentang hepatitis menerima informasi bagus tentang jenis-jenis hepatitis dan cara penularannya

Hal yang sangat luar biasa dari pembukaan acara oleh Dr Widyawati MKM mengenai kesadaran bahwa peran blogger dan netizen sangatlah besar apalagi sebagai duta kesehatan Kemenkes RI mengajak blogger dan netizen untuk menyebarkan informasi kebaikan menyebarkan tentang kesehatan khususnya hepatitis ke masyarakat melalui ranah digital

Dan hal yang sangat luar biasa penyebaran informasi tentang kesehatan di ranah digital ditunjang dengan adanya kurang lebih 143,26 juta pengguna internet di Indonesia banyak penduduk Indonesia yang mempunyai lebih dari satu gadget dan ini merupakan modal besar tentang informasi mengenai hepatitis.

dan informasi kesehatan yang bisa menjadi acuan untuk penyebaran informasi kesehatan di antaranya Dinas Kesehatan, media sosial, official kesehatan konten yang benar dan narasumber yang bisa dipercaya dan langsung aja deh kalian bisa Klik web Kemenkes RI langsung aja diklik www.sehatnegeriku.kemkes.go.id
  
Hepatitis??... wah seberapa bahayanya sih Penyakit Hepatitis, dan seberapa pahamnya sih kita soal penyakit Hepatitis,Pastinya kepikiran banget kan  dan ternyata hepatits itu penyakit yang sangat berbahaya dan tidak ada  obatnnya.
Hepatitis adalah penyakit pada hati yang disebabkan oleh berbagai macam hal, antara lain: infeksi virus hepatitis dan beberapa virus lainnya, obat-obatan tertentu, kebiasaaan minum alkohol, penyakit autoimun, kurang menjaga kebersihan, kelelahan,  Sehingga menyebabkan peradangan dan kerusakan pada sel-sel juga fungsi hati. Bila tidak segera diobati dengan tepat, hepatitis dapat mengarah pada penyakit sirosis atau kekerasan hati, hingga kanker hati.
Secara Diagnosa Dibandingkan virus HIV yang dapat menyebabkan AIDS, virus Hepatitis B (HBV) seratus kali lebih ganas (infectious), dan sepuluh kali lebih banyak (sering) menularkan. Kebanyakan gejala Hepatitis B.

Silakan Lihat Gambar dibawah :

 





Bicara Tentang Hepatitis, banyak masyarakat yang belum  paham tetang Hepatitis. Untuk itu dari kementerian Kesehatan mengadakan seminar yang bertajuk “Jangan Biarkan Hepatitis Merenggut Kebahagianmu”  pada tanggal 31/07/2019 di Grand PalaceHotel Sanur bali. Acara seminar ini sekaligus memperingati Hari hepatitis Sedunia 28 Juli 2019.





dok. pribadi 




Dalam Hal ini Pembicara dalam seminar Hepatitis menghadirkan Moderator dan Narasumber sebagai berikut :
  
1. dr. Widyawati, MKM yang menjabat sebagai Kepala Biro Komunikasi dan Pelayanan Masyarakat. Beliau bertindak sebagai moderator.
2. dr. Wiendra Waworuntu, M.Kes yang menjabat sebagai Direktur Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Menular Langsung Kemenkes RI
3. dr. Ketut Suarjana, MPMM yang menjabat sebagai Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Bali. Yang bersangkutan tidak bisa datang karena urusan penting (diwakilkan).
4. Prof. DR. dr. Ir. I Dewa Nyoman Wibawa, Sp.PD-KGEH yang menjabat sebagai Anggota Persatuan Ahli Penyakit Dalam Indonesia (PAPDI), Anggota PPHI-PGI-PEGI dan Ketua Cabang Perhimpunan Peneliti Hati Indonesia (PPHI)-PGI-PEGI Bali.  

Harapan dari seminar ini peran bloger, mahasiswa dan netizen sangatlah besar. Bisa menyebarkan informasi khususnya tentang Hepatitis ke masyarakat melalui Digital.








Hepatitis
Hepatitis A disebabkan oleh virus hepatitis tipe A yang disebarkan dari tinja dan juga penderita yang biasanya menyebar melalui makanan dan minuman. Beberapa kasus hanya menampakkan sedikit gejala atau tanpa gejala terutama bagi yang berusia muda. Waktu antara dan gejala, antara 2-6 minggu.  Biasanya Gejala berakhir dalam 8 minggu  meliputi : mual, muntah-muntah, mencret, kulit kuning (terutama bagian putih dari mata), demam, dan nyeri abdomen.
Sekitar 10–15% dari penderita akan kambuh kembali dalam 6 bulan setelah infeksi pertama.
Penyebab
Biasanya penyakit ini disebarkan melalui makanan dan minuman yang terkontaminasi oleh kotoran penderita hepatitis juga menyebar melalui kontak erat dengan penderita.
Tanda dan gejala hepatitis A yaitu:
  • Kelelahan
  • Demam
  • Mual dan muntah
  • Kehilangan nafsu makan
  • Menguningnya kulit dan bagian putih mata (jaundice), karena meningkatnya kadar bilirubin
  • Urin berwarna gelap seperti teh
  • Mencret
  • Kotoran BAB yang berwarna terang atau mirip tanah liat
Hepatitis A dapat dibagi menjadi 3 stadium:
  • Pendahuluan (prodromal) dengan gejala letih, lesu, demam, kehilangan selera makan dan mual;
  • Stadium dengan gejala kuning (stadium ikterik); dan
  • Stadium kesembuhan (konvalesensi). Gejala kuning tidak selalu ditemukan. Untuk memastikan diagnosis dilakukan pemeriksaan enzim hati, SGPT, SGOT. Karena pada hepatitis A juga bisa terjadi radang saluran empedu, maka pemeriksaan gama-GT dan alkali fosfatase dapat dilakukan di samping kadar bilirubin.
Pencegahan
Kasus-kasus ringan hepatitis A biasanya tidak memerlukan pengobatan dan kebanyakan orang yang terinfeksi sembuh sepenuhnya tanpa kerusakan hati permanen.
Perilaku hidup bersih seperti mencuci tangan pakai sabun sebelum makan dan sesudah dari toilet adalah salah satu cara terbaik untuk melindungi diri terhadap virus Hepatitis A. Orang yang dekat dengan penderita mungkin memerlukan terapi imunoglobulin. Imunisasi hepatitis A bisa dilakukan dalam bentuk sendiri (Havrix) atau bentuk kombinasi dengan vaksin hepatitis B (Twinrix). Imunisasi hepatitis A dilakukan dua kali, yaitu vaksinasi dasar dan booster yang dilakukan 6-12 bulan kemudian, sementara imunisasi hepatitis B dilakukan tiga kali, yaitu dasar, satu bulan dan 6 bulan kemudian. Imunisasi hepatitis A dianjurkan bagi orang yang potensial terinfeksi seperti penghuni asrama dan mereka yang sering jajan di luar rumah.
Tidak ada pengobatan yang spesifik untuk Hepatitis A, sebab infeksinya sendiri biasanya akan sembuh dalam 1-2 bulan. Namun untuk mengurangi dampak kerusakan pada hati sekaligus mempercepat proses penyembuhan, beberapa langkah penanganan berikut ini akan diberikan saat dirawat di rumah sakit:
  • Istirahat
Tujuannya untuk memberikan energi yang cukup bagi sistem kekebalan tubuh dalam memerangi infeksi.
  • Anti mual
Salah satu dampak dari infeksiHhepatitis A adalah rasa mual, yang mengurangi nafsu makan. Dampak ini harus diatasi karena asupan nutrisi sangat penting dalam proses penyembuhan.
  • Istirahatkan hati
Fungsi hati adalah memetabolisme obat-obat yang sudah dipakai di dalam tubuh. Karena hati sedang mengalami sakit radang, maka obat-obatan yang tidak perlu serta alkohol dan sejenisnya harus dihindari selama sakit.
Pencegahannya untuk Hepatitis A adalah melakukan vaksinasi yang juga tersedia untuk orang-orang yang berisiko tinggi.

Hepatitis B adalah suatu penyakit hati yang disebabkan oleh "Virus Hepatitis B" (VHB), yang dapat menyebabkan peradangan hati akut atau menahun yang pada sebagian kecil kasus dapat berlanjut menjadi  kanker hati. Virus ini tidak menyebar melalui makanan atau kontak biasa, tetapi dapat menyebar melalui darah atau cairan tubuh dari penderita yang terinfeksi.
Seperti telah dipaparkan diatas Diagnosa hepatitis  B Dibandingkan virus HIV yang dapat menyebabkan AIDS, virus Hepatitis B (HBV) seratus kali lebih ganas (infectious), dan sepuluh kali lebih banyak (sering) menularkan. Kebanyakan gejala Hepatitis B tidak nyata
Cara penularan Hepatitis B :
Bayi dapat terinfeksi dari ibunya selama proses kelahirannya. Melakuan kegiatan seksual tidak aman. Menggunakan  jarum suntik berulang, dan transfusi darah dengan virus di dalamnya. 
Hepatitis B dapat dicegah melalui vaksinasi, Direkomendasikan pada semua masyarakat untuk mendapat 3 vaksinasi (0, 1 bulan, dan 6 bulan) terutama ketika masih bayi untuk memberikan proteksi yang baik terhadap virus ini. Bagaimanapun, vaksinasi hanya memberikan proteksi maksimal sekitar 90 persen, dan tidak menyingkirkan sama sekali risiko infeksi.
Tes darah dapat menemukan tanda-tanda proses kerusakan hati. Jika penderita memiliki tanda-tanda tersebut, pengobatan hepatitis B dapat mencegah kerusakan hati yang disebakan virusnya. Pengobatan anti virus diberikan, untuk mencegah virus memperbanyak diri dengan meng-kopi-nya. Bagaimanapun, sekali virus masuk, maka tidak mungkin untuk menyingkirkannya semuanya hingga tuntas.







Penularan
Hepatitis B merupakan bentuk Hepatitis yang lebih serius dibandingkan dengan jenis hepatitis lainnya. Penderita Hepatitis B bisa terjadi pada setiap orang dari semua golongan umur. Ada beberapa hal yang dapat menyebabkan virus Hepatitis B ini menular.
  • Secara vertikal, cara penularan vertikal terjadi dari Ibu yang mengidap virus Hepatitis B kepada bayi yang dilahirkan yaitu pada saat persalinan atau segera setelah persalinan.
  • Secara horisontal, dapat terjadi akibat penggunaan alat suntik yang tercemar, tindik telinga, tusuk jarum, transfusi darah, penggunaan pisau cukur dan sikat gigi secara bersama-sama (Hanya jika penderita memiliki penyakit mulut (sariawan, gusi berdarah,dll), lendir (berciuman) atau luka yang mengeluarkan darah serta hubungan seksual dengan penderita.

Hepatitis C adalah infeksi yang terutama menyerang organ hati. Penyakit ini disebabkan oleh virus hepatitis C (HCV). Hepatitis C seringkali tidak memberikan gejala, namun infeksi kronis dapat menyebabkan parut (eskar) pada hati, dan setelah menahun menyebabkan sirosis. Dalam beberapa kasus, orang yang mengalami sirosis juga mengalami gagal hati, kanker hati, atau pembuluh yang sangat membengkak di esofagus dan lambung, yang dapat mengakibatkan perdarahan hingga kematian.
 Seseorang terutama terkena hepatitis C melalui kontak darah, penggunaan narkoba suntik, peralatan medis yang tidak steril, dan transfusi darah. Sekira 130–170 juta orang di dunia menderita hepatitis C

Gejala dan Tanda
Hepatitis C menunjukkan gejala akut hanya pada 15% kasus. Gejalanya seringkali ringan dan tidak kentara, termasuk penurunan nafsu makan, sakit kepala, letih, nyeri otot atau nyeri sendi, dan menurunnya berat badan Hanya sedikit kasus infeksi akut yang terkait dengan ikterus.nfeksi ini dapat sembuh sendiri tanpa diobati pada 10-50% penderita, dan lebih sering menyerang perempuan usia muda dibandingkan dengan kelompok lain.
Efek pada organ di luar hati
Meskipun jarang, hepatitis C juga dapat berkaitan dengan Sindrom Sjögren (kelainan autoimun), kadar trombosit darah yang rendah (di bawah normal), penyakit kulit kronis, diabetes, dan limfoma non-Hodgkin.
Penyebab
Virus hepatitis C merupakan virus RNA yang berukuran kecil, bersampul, berantai tunggal, dengan sense positif. Virus ini merupakan anggota genushepacivirus dalam famili Flaviviridae. Terdapat tujuh genotipe utama HCV. Di Amerika Serikat, genotipe 1 merupakan penyebab pada 70% kasus hepatitis, genotipe 2 pada 20%, dan genotipe lainnya masing-masing 1%. Genotipe 1 juga merupakan genotipe yang paling banyak ditemui di Amerika Selatan dan Eropa.
Penggunaan narkoba suntik
Penggunaan narkoba suntik merupakan faktor risiko utama penularan virus hepatitis C di banyak negara di dunia. Kejadian di 77 negara menunjukkan bahwa 25 negara memiliki angka hepatitis C pada populasi pengguna narkoba suntik antara 60% dan 80%, termasuk di Amerika Serikat dan Cina. Di dua belas negara angkanya lebih besar dari 80%. Sebanyak sepuluh juta pengguna narkoba suntik terinfeksi hepatitis C; Cina (1,6 juta), Amerika Serikat (1,5 juta), dan Rusia (1,3 juta) memiliki total terbanyak. Angka hepatitis C pada warga binaan di lembaga pemasyarakatan di Amerika Serikat sepuluh hingga dua puluh kali lipat dibandingkan dengan populasi umum, dan penelitian ini mengaitkannya dengan perilaku berisiko seperti penggunaan narkoba suntik dan pembuatan tato dengan peralatan yang tidak steril.
Indikasi Penyakit
Tanda orang yang terkena hepatitis E ini mengalami gejala-gejala yang lebih sering dimiliki orang dewasa daripada anak-anak. Jika ada, gejala biasanya muncul secara tiba-tiba; seperti demam, rasa letih, hilang nafsu makan, rasa mual, sakit perut, air seni berwarna tua, warna kekuningan pada mata dan kulit. Penyakit Hepatitis E terjadi lebih parah pada wanita hamil, terutama pada 3 bulan terakhir masa kehamilan. Masa inkunasi hepatitis E rata-rata 40 hari (rentang: 15-60 hari).
Diagnosa atas virus ini dilakukan pada seseorang yang mengalami gejala-gejala tersebut apabila ia tidak terdiagnosa terjangkit oleh Hepatitis A, B, dan C.

Hepatitis D adalah penyakit yang disebabkan oleh infeksi virus hepatitis D (Delta Virus). Virus ini mengakibatkan terjadinya radang pada hati.

Hepatitis D merupakan salah satu jenis dari 5 jenis hepatitis, yaitu hepatitis A, B, C, D dan E. Setiap jenis hepatitis memiliki metode penyebaran dan gejala yang berbeda-beda. Namun khusus untuk hepatitis D, penyakit ini membutuhkan virus Hepatitis B untuk menjangkiti sel hati. Penularannya dapat ditempuh dengan dua cara, yang pertama adalah infeksi bersamaan secara simultan Hepatitis B dengan Hepatitis D (koinfeksi), dan yang kedua adalah infeksi virus Hepatitis D pada individu yang telah terinfeksi Hepatitis B sebelumnya (superinfeksi).
Hepatitis D dapat menimbulkan penyakit akut maupun kronis. Hepatitis D akut terjadi secara tiba-tiba dan menimbulkan gejala yang lebih hebat dibanding hepatitis D kronis. Jika infeksi hepatitis D terjadi selama 6 bulan atau lebih, maka infeksi yang terjadi merupakan infeksi kronis. Pada infeksi kronis, gejala yang timbul akan berkembang dan bertambah parah secara perlahan. Virus biasanya menetap di tubuh selama beberapa bulan sebelum gejala pertama muncul. Semakin lama infeksi hepatitis D terjadi, maka risiko terjadinya komplikasi akibat penyakit ini semakin tinggi.
Hingga saat ini, belum diketahui obat untuk menyembuhkan hepatitis D maupun vaksin untuk mencegah infeksi hepatitis D. Akan tetapi, penyakit ini dapat dicegah dengan vaksin hepatitis B karena virus Hepatitis D hanya dapat menyebabkan infeksi bila terdapat virus Hepatitis B.
Pengobatan hepatitis D yang dilakukan sedini mungkin dapat mencegah terjadinya gagal hati pada penderitanya. Infeksi Hepatitis D penting dideteksi karena dapat menyebabkan gagal hati dan perburukan cepat ke arah sirosis dan kanker hati, serta meningkatnya angka kematian pada penderita dewasa.
Gejala Hepatitis D
Infeksi hepatitis D seringkali bersifat asimptomatik (tidak menimbulkan gejala) pada sekitar 90% penderitanya. Selain itu, infeksi hepatitis D seringkali sulit dibedakan dari infeksi virus hepatitis lainnya secara klinis, terutama gejala infeksi virus hepatitis B. Gejala hepatitis B dan D sangat mirip sehingga sulit untuk menentukan virus mana yang menimbulkan gejala pada penderita. Pada beberapa kasus, hepatitis D dapat membuat gejala hepatitis B menjadi lebih buruk. Selain itu, penderita hepatitis B dengan gejala asimptomatik dapat mengalami gejala hepatitis B akibat infeksi hepatitis D. Periode inkubasi hepatitis D, yaitu waktu yang dibutuhkan virus dari terpapar hingga menimbulkan gejala, adalah sekitar 21-45 hari. Namun, dapat juga berlangsung lebih cepat, terutama pada superinfeksi. Gejala hepatitis D yang umumnya ditemui antara lain adalah:
  • Kulit dan mata menjadi kuning.
  • Rasa lelah.
  • Mual dan muntah.
  • Nyeri sendi.
  • Nyeri perut.
  • Kehilangan nafsu makan.
  • Warna urine berubah menjadi gelap seperti teh.
  • Gatal-gatal.
  • Tampak bingung.
  • Memar dan perdarahan.
Penyebab Hepatitis D
Hepatitis D disebabkan oleh infeksi virus hepatitis D (HDV) yang dapat menyebar melalui cairan tubuh atau kontak langsung dengan penderita. HDV dapat ditularkan melalui:
  • Urine.
  • Kehamilan (dari ibu ke janin).
  • Persalinan (dari ibu ke bayi).
  • Cairan sperma.
  • Cairan vagina.
  • Darah.
Jika seseorang sudah terinfeksi HDV, orang tersebut dapat menularkan HDV ke orang lain, bahkan sebelum gejala hepatitis D muncul. Beberapa hal yang menyebabkan seseorang menjadi lebih mudah terkena hepatitis D antara lain adalah:
  • Terkena infeksi hepatitis B.
  • Sering menerima transfusi darah.
  • Melakukan hubungan seks sesama jenis, terutama pria.
  • Penyalahgunaan obat-obatan terlarang melalui jarum suntik, misalnya heroin.
  • Pasien cuci darah.
  • Pekerja fasilitas kesehatan.
Diagnosis Hepatitis D
Untuk memastikan diagnosis hepatitis D pada penderita, dapat dilakukan dengan pemeriksaan darah sebagai berikut:
  • Pemeriksaan Antibodi. Jika ditemukan antibodi anti-hepatitis D (IgM dan IgG anti-HDV), maka pasien positif menderita hepatitis D. Selain antibody, dapat diperiksa banyaknya virus dalam darah (viral load) untuk hepatitis D yaitu HDV RNA. Namun pemeriksaan ini masih jarang tersedia. Perlu diingat bahwa infeksi HDV hanya bisa terjadi bersamaan atau setelah terjadinya infeksi HBV. Oleh karena itu, dapat juga dilakukan pemeriksaan untuk mendeteksi hepatitis B pada pasien.
  • Pemeriksaan Fungsi Hati. Tes ini bertujuan untuk memeriksa kondisi oorgan hati melalui sampel darah. Dari hasil tes, dapat diketahuiapakahhati mengalami gangguan atau kerusakan berdasarkan parameter-parameter yang diperiksa pada sampel darah, antara lain adalah:
    • Kadar protein dalam darah (albumin).
    • Kadar enzim hati (SGOT dan SGPT).
    • Kadar bilirubin.
    • Status pembekuan darah (Trombosit dan INR), mengingat hati memroduksi protein yang penting dalam pembekuan darah.
  • USG, CT scan atau Ketiga metode pemindaian ini dapat digunakan untuk mendeteksi adanya kanker hati yang merupakan komplikasi dari hepatitis D.
Cara pencegahan hepatitis D terbaik adalah dengan mencegah terjadinya hepatitis B. Untuk menghindari terjadinya hepatitis B, dapat dilakukan langkah-langkah pencegahan sebagai berikut:
  • Hindari penggunaan obat-obatan Hindari menggunakan obat-obatan terlarang terutama yang menggunakan jarum suntik. Gunakan jarum yang steril dan jangan pernah berbagi pakai jarum suntik.
  • Lebih berhati-hati dalam tindik dan Jika berniat untuk ditindik atau ditato, pastikan peralatannya bersih dan steril.
  • Gunakan kondom. Selalu lakukan aktivitas seks dengan aman dan sehat. Jangan pernah berhubungan seks tanpa menggunakan kondom kecuali yakin partner Anda tidak terinfeksi hepatitis atau infeksi menular seksual lainnya
  • Menjalani vaksinasi hepatitis B. Anak-anak serta orang dewasa yang memiliki risiko tinggi terkena hepatitis B wajib menjalani vaksinasi hepatitis B.
Terakhir diperbar
Hepatitis E adalah infeksi hati akut berpotensi serius, yang disebabkan oleh virus HEV. Menurut laporan Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), setiap tahunnya ada sekitar 20 juta infeksi hepatitis E. Hampir lebih dari 56 ribu kasus di antaranya berakhir dengan kematian. 
Berikut semua hal yang perlu Anda tahu seputar hepatitis E.
Apa penyebab hepatitis E?
Mirip dengan hepatitis A, virus hepatitis E biasanya ditularkan ketika seseorang mengonsumsi air atau makanan yang telah terkontaminasi feses orang lain yang terinfeksi virus ini. Penularan bahkan tetap bisa terjadi jika Anda hanya menelan sedikit saja.
Risiko Anda untuk terinfeksi HEV bisa meningkat jika Anda tinggal atau bepergian ke negara dengan kulaitas kebersihan yang buruk, terutama di wilayah yang sangat padat penduduk. Selain itu, penyakit ini bisa ditularkan melalui transfusi darah. Ibu hamil yang terinfeki juga bisa menularkan virus ke janinnya. Yang lebih langka, hepatitis E bisa menular dari hewan yang terinfeksi.
Tubuh biasanya akan menyembuhkan dirinya sendiri dalam beberapa minggu. Dalam kasus lainnya, virus ini berakibat pada gagal hati.
Siapa saja yang berisiko tinggi terinfeksi hepatitis E?
Semua orang bisa terkena hepatitis. Namun ada beberapa faktor yang bisa meningkatkan risiko Anda terkena hepatitis E, yaitu::
  • Kebersihan pribadi yang buruk dan masuknya virus hepatitis E ke feses ketika BAB
  • Hubungan seks tanpa kondom (anal, oral, vaginal) dengan beberapa pasangan seks atau dengan seseorang yang terinfeksi HEV
  • Tinggal dengan seseorang yang menderita infeksi HEV kronis
  • Traveling ke wilayah dengan tingkat infeksi HEV yang tinggi
Apa saja tanda dan gejala hepatitis E?
Pada umumnya gejala HEV bisa muncul sekitar 2 sampai 7 minggu setelah terpapar virus, dan biasanya berlangsung selama sekitar 2 bulan. Gejala hepatitis E yang umum, meliputi:
  • Menguningnya warna kulit dan mata (jaundice)
  • Urin gelap seperti teh
  • Nyeri sendi 
  • Hilang nafsu makan
  • Nyeri perut
  • Pembengkakan hati
  • Gagal hati akut
  • Mual 
  • Muntah
  • Kelelahan 
  • Demam 
Apa saja komplikasi hepatitis E yang mungkin terjadi?
Kebanyakan orang yang terinfeksi HEV sewaktu dewasa bisa pulih sepenuhnya hanya dengan sedikit komplikasi. Angka kematian untuk virus ini termasuk rendah.
Namun demikian, pada kasus langka infeksi ini bisa menyebabkan gagal hati yang mengancam nyawa. Ibu hamil yang positif HEV paling berisiko untuk memiliki komplikasi fatal ini. Risiko bagi orang dengan sistem kekebalan tubuh lemah untuk terkena infeksi hepatitis E kronis lebih tinggi dibandingkan kelompok lainnya.
Apa saja pengobatan hepatitis E yang tersedia?
Tujuan pengobatan adalah untuk menyingkirkan virus dari tubuh. Jika sistem kekebalan tubuh Anda cukup kuat, Anda mungkin tidak membutuhkan obat-obatan. Dokter bisa menganjurkan Anda untuk:
  • Beristirahat di rumah sampai energi Anda kembali. Begitu Anda merasa lebih baik, jangan terburu-buru untuk kembali ke rutinitas Anda yang biasa. Jika Anda mencoba untuk kembali aktif dengan cepat, Anda bisa merasa sakit lagi.
  • Minum banyak cairan untuk menghindari dehidrasi. Pilihlah cairan tinggi kalori seperti jus buah dan sup kaldu.
  • Jalani diet sehat, hindari beberapa makanan tertentu
  • Jangan minum alkohol atau menggunakan narkoba. Keduanya dapat merusak hati.
Obat hepatitis E
Untuk langkah pertama mengobati hepatitis E, dokter biasanya menggunakan terapi imunosupresi. Hasilnya, viral load (jumlah virus dalam darah) HEV bisa berkurang hingga 30% pada pasien.
Bagi pasien yang terapi imunosupresinya tidak bisa dikurangi dan bagi mereka yang virusnya tidak berkurang setelah menggunakan imunosupresi, dianjurkan untuk menggunakan terapi antivirus. Monoterapi ribavirin (600-1000 mg/hari) untuk minimal 3 bulan akan diresepkan sebagai pilihan pertama.
Beri tahu dokter semua obat yang Anda gunakan, termasuk obat herbal. Jangan memulai atau menghentikan obat apapun tanpa berkonsultasi pada dokter terlebih dahulu.
Transplantasi hati
Pasien yang terinfeksi HEV kronis dan yang telah menjalani transplantasi hati biasanya akan dianjurkan terapi interferon alfa pegilasi untuk 3-12 bulan. Namun, pengobatan ini bisa memicu efek samping yang signifikan dan penolakan organ pada penerima transplan, terutama cangkok jantung atau ginjal.
Jika Anda memiliki sistem kekebalan tubuh yang lemah atau sedang hamil, periksakan diri Anda ke dokter. Anda mungkin perlu dirawat di rumah sakit.
Bisakah penularan hepatitis E dicegah?
Jangan sembarangan mengonsumsi air yang tidak bersih atau makanan mentah atau tidak dikupas. Ini termasuk buah-buahan, sayuran, dan kerang, yang biasanya dibilas dengan air. Sebaliknya, minumlah air yang dimurnikan atau air rebusan. Selalu jadikan cuci tangan sebagai bagian dari kebiasaan anda sehari-hari, terutama setelah dari toilet juga sebelum dan setelah menyiapkan makanan.
Demikian tentang penjelasan Hepatitis secara Umum  yang kami sampaikan dr hasil seminar tentang bahayanya Hepatitis. Semga infrmasi ini bisa tersampaian ke selruruh pembaca digital seluruh Indonesia.
Yuk kita mulai dari sekarang katakana #elminasihepati  Dan ternyata penularan hepatitis dari ibu ke anak atau secara vertikal memiliki kemungkinan sekitar 90% hingga hingga 95% hal tersebut yang mendasari Kemenkes memprioritaskan deteksi dini pada ibu hamil deteksi dini Hepatitis B pada ibu hamil dilakukan di Indonesia pada tahun 2013 dimulai dari DKI Jakarta dan terus berkembang ke provinsi lainnya di tahun-tahun berikutnya sejak 2016 pemeriksaan hepatitis dilakukan dengan rapid diagnostic test (RDT ) hepatitis B Surface Antigen (HBsAg) 






 
      berdasarkan sistem informasi hepatitis dan penyakit infeksi saluran pencernaan atau sihepi 2018-2019 jumlah ibu hamil yang diperiksa Hepatitis B sebanyak 1.643.024 di 34 provinsi hasilnya sebanyak 30.965 ibu hamil reaktif terinfeksi virus hepatitis B dan 15.747 bayi baru lahir dari ibu  rekreatif Hepatitis B telah diberikan Imunoglobulin Hepatitis

        Pencegahan penularan hepatitis B dari ibu ke bayi dilakukan dengan vaksinasi HB setelah bayi kurang dari 24 jam sementara pada bayi baru lahir dari ibu stress B segera beri imunoglobulin Hepatitis B kurang dari 24 jam Apa sih Hepatitis,  Hepatitis atau peradangan hati disebabkan oleh virus hepatitis perlemakan parasit malaria atau Ameba alkohol obat-obatan dan virus lainnya direktur pencegahan dan pengendalian penyakit menular langsung Dr wiendra Waworuntu M.kes mengatakan cara penularan untuk Hepatitis A dan Hepatitis E melalui kotoran atau mulut sementara Hepatitis B C dan D melalui kontak cairan tubuh ibu ke anak, anak-anak atau dari dewasa ke anak transfusi darah dan organ yang tidak di skrining penggunaan jarum yang tidak aman hubungan seksual serta kontak dengan darah.

       Cara penularan hepatitis A melalui kotoran dan ada orang membuang tinja sembarangan kemudian tidak Cuci tangan pakai sabun dan menyentuh makanan dia bisa terinfeksi hepatitis akut dia bisa menjadi carier sampai selesai masa inkubasi sekitar 50 hari. semua negara melakukan penanggulangan Hepatitis atau eliminasi  Hepatitis  melalui pencegahan dan pengobatan. Hari hepatitis sedunia jatuh pada 28 Juli bertepatan dengan hari lahir penemu virus hepatitis B Baruch Samuel Bloomberg

      Dan tema nasional peringatan Hari hepatitis sedunia tahun 2019 adalah Elliminasi Hepatitis selamatkan generasi Penerus Bangsa, tujuan peringatan Hari wanita sedunia adalah meningkatkan perhatian kepedulian dan pengetahuan berbagai pihak tentang besarnya masalah kesehatan yang ditimbulkan oleh virus Hepatitis, Bali terpilih sebagai tempat penyelenggaraan hari hepatitis sedunia ke-10 tahun 2019  30 Juli 2019 dalam penyelenggaraannya diadakan seminar hepatitis dihadiri oleh Dirjen pencegahan dan pengendalian penyakit Kemenkes RI dan pemerintah daerah mengucapkan terima kasih atas terpilihnya Bali sebagai tempat penyelenggaraan Seminar ini dapat mendorong visi nangun sat kerthi Loka Bali melalui pola pembangunan semesta berencana menuju Bali era baru untuk mewujudkan krama Bali yang sejahtera dan bahagia.


         Pemerintah provinsi Bali telah melakukan berbagai upaya pencegahan dan pengendalian hepatitis pada tahun 2018 telah dilaksanakan deteksi dini Hepatitis B berinteraksi dengan triple eliminasi triple eliminasi ( HIV Sifilis dan Hepatitis) di 7 Kota kabupaten ke-7 kabupaten kota tersebut adalah kabupaten  Badung Gianyar Jembrana Karangasem Klungkung Bangli dan kota Denpasar

Untuk memperluas akses layanan hepatitis kepada masyarakat tahun 2019 dikembangkan pelaksanaan DDHB di Kabupaten Tabanan kadiskes Bali berharap dengan seminar ini dapat menambah ilmu terkait pencegahan dan pengendalian hepatitis Selain itu upaya pencegahan dan pengendalian ini diharapkan mendapat dukungan dari masyarakat sehingga triple eliminasi di semua kabupaten kota di Bali dapat berjalan maksimal.

Dari berbagai laporan dan riset Indonesia termasuk negara dengan endemisitas tinggi hepatitis B pakan terbesar ke-2 di Asia Pasifik setelah Myanmar diperkirakan sebanyak 28 juta orang terinfeksi Hepatitis B dan C di mana 114 juta di antaranya berpotensi menjadi kronik dari kronik tersebut 1,4 juta Potensi menjadi sirosis



Mencegah lebih baik daripada mengobati pepatah yang luar biasa banget ya yang mungkin sudah sering sekali didengar, dan dalam kesempatan kali ini acara temu blogger Bali Kemenkes RI 2019 sangat bersemangat sekali mengenalkan masalah hepatitis terlebih dahulu kepada blogger dan juga mahasiswa agar memahami penyakit hepatitis

Kurang lebih 100 peserta yang terdiri dari para blogger netizen dan mahasiswa Poltekkes di Bali menghadiri paparan para ahli kesehatan, blogger dan mahasiswa yang masih awam tentang hepatitis menerima informasi bagus tentang jenis-jenis hepatitis dan cara penularannya

Hal yang sangat luar biasa dari pembukaan acara oleh Dr Widyawati MKM mengenai kesadaran bahwa peran blogger dan netizen sangatlah besar apalagi sebagai duta kesehatan Kemenkes RI mengajak blogger dan netizen untuk menyebarkan informasi kebaikan menyebarkan tentang kesehatan khususnya hepatitis ke masyarakat melalui ranah digital

Dan hal yang sangat luar biasa penyebaran informasi tentang kesehatan di ranah digital ditunjang dengan adanya kurang lebih 143,26 juta pengguna internet di Indonesia banyak penduduk Indonesia yang mempunyai lebih dari satu gadget dan ini merupakan modal besar tentang informasi mengenai hepatitis.

dan informasi kesehatan yang bisa menjadi acuan untuk penyebaran informasi kesehatan di antaranya Dinas Kesehatan, media sosial, official kesehatan konten yang benar dan narasumber yang bisa dipercaya dan langsung aja deh kalian bisa Klik web Kemenkes RI langsung aja diklik
 www.sehatnegeriku.kemkes.go.id